Cari di Blog Ini

Sabtu, 26 Mei 2012

Kapal udara militer buatan Northrop Grumman siap lakukan penerbangan perdana

Northrop Grumman LEMV Airship
Kapal udara militer buatan Northrop Grumman siap lakukan penerbangan perdana

Sebuah kapal udara (Airship) yang telah selesai dibangun oleh perusahaan Northrop Grumman dijadwalkan akan melakukan penerbangan perdananya pada bulan Juni 2012. Uji penerbangan tersebut akan dilaksanakan di , New Jersey.

Kapal udara yang menggunakan daya apung seperti balon udara untuk terbang ini dikenal dengan istilah Long Endurance Multi Intelligence Vehicle (LEMV). Memiliki panjang 300 kaki dan tinggi 70 kaki. Badan pesawat terbuat dari komposit serat karbon. Sebagai penggeraknya menggunakan beberapa propeller yang terpasang pada sisi lambung pesawat. Menurut situs resmi Northrop Grumman, LEMV bisa melaju dengan kecepatan 30 knot hingga 80 knot dan mampu terbang hingga ketinggian 30.000 kaki selama 21 hari non-stop.

Oleh militer AS, LEMV akan digunakan untuk kebutuhan misi ISR (Intelligence, Surveillance and Reconnaissance). Pada Juni 2010 lalu militer AS telah memberikan kontrak senilai USD$ 517 juta kepada Northrop Grumman untuk pengadaan kapal udara ini.

Alan Metzger, Direktur Program Airship di Northrop Grumman mengatakan kepada majalah The Engineer, bahwa LEMV harus mampu membawa kargo hingga seberat 2.500 pon dan mampu beroperasi di udara selama tiga minggu.

Menurut Metzger, biaya operasional LEMV jauh lebih murah dibanding pesawat konvensional untuk keperluan yang sama. Selama tiga minggu terbang, LEMV hanya membutuhkan 3.500 galon bahan bakar.

avweb.com, northropgrumman.com