Cari di Blog Ini

Jumat, 11 Mei 2012

Profil BMP-3F, Tank Amfibi Andalan Korps Marinir TNI-AL

BMP-3F adalah kendaraan tempur infanteri yang sudah dikembangkan pada masa Uni Soviet. Kalangan awam menyebut BMP-3F sebagai jenis tank amfibi. Kendaraan tempur ini merupakan penerus BMP-1 dan BMP-2. BMP merupakan singkatan dari Boevaya Mashina Pehoty (Kendaraan Tempur Infanteri). BMP-3F diirancang khusus untuk operasi di laut, dengan meningkatkan kelayakan dan daya apung, dan akurasi tembakan yang tinggi di laut. Versi ini dapat bertahan operasi amfibi terus menerus selama tujuh jam.

BMP-3F (Gambar 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
BMP-3F (Gambar 1).
Sekilas Tentang Tank BMP-3F.

Dari segi teknologi, kendaraan tempur lapis baja ini bisa dikatakan sempurna karena sesuai dengan kebutuhan pertempuran masa kini (Pertempuran Asimetris). Keunggulan-keunggulan lainnya yang dimiliki dari Tank BMP-3F ini antara lain, komputer balistik telah di-upgrade dengan sistem digital yang lebih akurat, lubang penembakkan untuk pasukan yang semula diperuntukkan senapan serbu tipe AK-47 telah disesuaikan dengan senapan serbu tipe SS-1 Pindad, kemudian dilengkapi pula dengan rantai (track) yang dapat digunakan di aspal sehingga tidak merusak aspal, adanya penyempurnaan pada perlindungan terhadap peperangan nuklir biologi kimia (Nubika) serta perbedaan lainnya yang bersifat minor change pada tameng tombak (anti surge vane) yang semula tebal 5 mm menjadi 10 mm dan system pemanas ruangan yang disesuaikan dengan iklim di Indonesia.

BMP-3F (Gambar 2). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
BMP-3F (Gambar 2).
Selain itu, keunggulan-keunggulan lainnya yang dimiliki Tank BMP-3F diantaranya, mampu beroperasi di laut selama 7 jam dan untuk menunjang kemampuan amfibinya, tank ini dapat dilengkapi snorkel. Dalam hal meriam, Tank BMP 3F dilengkapi kanon kaliber 100 mm, dimana kanon ini dirancang untuk menembakkan peluru/ roket non-kendali (shell). Kanon jenis ini masuk dalam kategori balistik sedang, dengan kecepatan tembak berkisar 250m/detik.

Konstruksi persenjataan Tank BMP-3F merupakan penggabungan dalam satu komponen antara meriam, peluncur roket berkaliber 100 mm, kanon otomatis berkaliber 30 mm dan mitraliur berkaliber 7,62 mm. Dengan penggabungan ini, memungkinkan awak tank dapat memilih model keperluan penggunaan senjata yang tersedia dikaitkan dengan situasi, kondisi serta medan tempur, tergantung sasaran yang dipilih untuk dihancurkan baik sasaran di darat, laut maupun udara. Tank BMP 3F memiliki berbobot kurang lebih 18,7 ton, panjang 8 meter, lebar 3,5 meter dan tinggi 2,5 meter, kapasitas awak 3 orang serta 7 personel pasukan bersenjata lengkap.

www.antaranews.com

Video BMP-3F :

Video manuver tempur tank amfibi BMP-3F.



Tidak ada komentar: