Cari di Blog Ini

Minggu, 20 Mei 2012

Pesawat Jet Tempur F-14 Tomcat

F-14 Tomcat adalah pesawat tempur supersonik dengan mesin ganda, menggunakan sayap variable, memiliki dua tempat duduk untuk awak, yang dirancang untuk menyerang dan menghancurkan pesawat musuh baik pada siang maupun malam hari serta mampu dioperasikan di segala kondisi cuaca. F-14 Tomcat memiliki kemampuan untuk melacak hingga 24 target secara simultan dan bisa menyerang secara sekaligus 6 target yang berbeda menggunakan rudal Phoenix AIM-54A sambil terus memindai wilayah udara. Kelengkapan persenjataan lainnya meliputi system pencegat rudal, roket, dan bom. Manuver terbang pesawat tempur ini dikendalikan oleh dua ekor kembar dengan posisi vertikal dan dua sayap ayun geometris.
F-14 Tomcat (Foto 1)
F-14 Tomcat. Pengaturan umum yang terdiri dari nacelle panjang yang berisi radar hidung besar dan posisi awak 2 memperpanjang baik ke depan dan di atas mesin banyak spasi. Mesin sejajar dengan struktur pusat yang rata menuju ekor; berbentuk kupu-kupu airbrakes terletak antara sirip pada permukaan atas dan bawah. Secara keseluruhan, pesawat membentuk lebih dari setengah dari permukaan mengangkat jumlah aerodinamis. Sayap bahu-mount dan diprogram untuk menyapu otomatis selama penerbangan, dengan manual override disediakan. The, kembar menyapu sirip-dan-kemudi permukaan vertikal yang dipasang di rumah mesin dan miring ke luar. Poros sayap membawa-melalui struktur melintasi struktur pusat; Saldo melalui adalah 22 ft (6,7 m) panjang dan dibangun dari 33 bagian dilas elektron mesin dari titanium, yang berporos terletak tempel dari mesin. Kisaran menyapu normal adalah 20-68 derajat dengan 75-deg posisi "oversweep" disediakan untuk penyimpanan kapal hanggar; kecepatan sapuan adalah 7,5 derajat per detik. Untuk kontrol roll di bawah 57 deg, F-14 Tomcat menggunakan spoiler terletak di sepanjang sayap atas dekat trailing edge dalam hubungannya dengan semua bergerak, tailplanes menyapu, yang dioperasikan secara diferensial; di atas 57-deg menyapu, yang tailplanes beroperasi sendirian. Untuk manuver unswept, kecepatan rendah tempur, 2 luar bagian trailing edge flaps dapat digelar pada 10 deg dan bilah hampir penuh-span terdepan yang terkulai menjadi 8,5 deg. Pada kecepatan di atas Mach 1,0, baling-baling sarung tangan di tepi terkemuka dari bagian tetap dari sayap memperpanjang untuk memindahkan pusat aerodinamis maju dan mengurangi beban pada tailplane tersebut. The, tajam meraup 2-dimensi 4-kejutan intake mesin memiliki 2 variabel-sudut landai, pintu bypass di atap asupan, dan jalan tetap maju; nozel knalpot secara mekanik variabel. Dilihat dari depan, bagian atas intake yang miring ke arah garis tengah pesawat udara; dari atas, mesin yang miring sedikit ke arah luar untuk mengurangi gangguan antara aliran udara intake dan lapisan batas badan pesawat. Mesin buang melalui mekanis variabel, konvergen-divergen nosel. Setelah kehilangan tiga pesawat selama periode empat minggu pada tahun 1996, CNO memerintahkan pengaman mundur untuk meninjau apa yang dikenal dalam rangka untuk mengetahui apakah ada pembatasan operasional yang diperlukan untuk ditempatkan pada pesawat. Angkatan Laut ditempatkan pembatasan sementara pada F-14 di lingkungan, ketinggian kecepatan rendah tinggi. Afterburner penggunaan dilarang untuk F-14Bs dan F-14Ds di semua ketinggian kecuali untuk keadaan darurat operasional. Grumman F-14, dunia utama pertahanan udara tempur, dirancang untuk menggantikan F-4 Phantom II tempur (dihapus tahun 1986). F-14 diberikan perlindungan udara untuk serangan bersama tentang sasaran teroris Libya pada tahun 1986. F-14A diperkenalkan pada pertengahan 1970-an. Versi F-14A + upgrade, dengan yang baru General Electric F-110 mesin, sekarang luas di seluruh armada, lebih dari cocok untuk pejuang musuh di dekat-in, tempur udara. AWG-9 adalah pulsa-Doppler, multi-mode radar dengan kemampuan yang dirancang untuk melacak 24 target pada saat yang sama sekaligus merancang dan melaksanakan solusi pengendalian kebakaran selama 6 target. Dirancang pada tahun 1960 dan salah satu udara-ke-udara sistem tertua radar, AWG-9 masih merupakan perangkat lunak yang paling kuat dan baru akan meningkatkan kemampuannya untuk abad ke-21. Kokpit dilengkapi dengan Tampilan AN/AVG-12 Kaiser Head-Up (HUD) co-located dengan layar situasi AN/AVA-12 vertikal dan layar situasi horisontal. Sebuah Northrop AN/AXX-1 Televisi Kamera Set (TCS) digunakan untuk identifikasi target visual pada rentang panjang. Terpasang pada polong dagu, maka TCS adalah resolusi sirkuit tertutup sistem televisi tinggi dengan dua Fields kokpit dipilih Dari Lihat (FOV), lebar dan sempit. FOV yang dipilih akan ditampilkan di kokpit dan dapat direkam oleh Sistem Televisi Cockpit. Sebuah TCS baru, dalam pembangunan, akan dipasang di semua pesawat seri tiga. Tindakan Dukungan elektronik (ESM) tetap termasuk Litton AN/ALR-45 peringatan radar dan sistem kontrol, Magnavox AN/ALR-50 radar penerima peringatan, Tracor AN/ALE-29/-39 sekam / flare dispenser (dipasang di bagian belakang pesawat antara sirip), dan Sanders AN/ALQ-100 polong penipuan jamming. F-14 Tomcat ini memiliki 20-mm Vulcan internal yang Gatling-type senjata dipasang di sisi kiri, dan dapat membawa Phoenix, Sparrow, dan AAMs Sidewinder. Sampai 6 Phoenix rudal dapat dilakukan pada 4 stasiun pesawat antara mesin dan 2 tiang dipasang pada bagian tetap dari sayap, 2 AAM Sidewinder dapat dilakukan pada tiang sayap di atas gunung Phoenix. Meskipun F-14 diuji dengan bom konvensional "besi" pada cantelan eksternal pada 1960-an, BRU-10 rak ejeksi tidak cukup kuat untuk memberikan pemisahan yang bersih. Ujicoba pada 1988-1990 menunjukkan bahwa BRU-32 rak bisa drop Mk 80-seri bom dengan aman. Kemudian tes akan memenuhi syarat RUPS-88 HARM dan RUPS-84 Harpoon. Awal operasional kemampuan pada tahun 1973; penerbangan pertama pada tanggal 21 Desember 1970. 79 Tomcat telah dikirim ke Iran sebelum Revolusi 1979. Mereka biasanya beralasan karena kurangnya bagian, beberapa terlihat terbang selama Desember 1989 manuver Iran. Angkatan Laut AS memiliki 699 dalam layanan atau pada pesanan, dengan pengiriman berkelanjutan. (Pesawat ini tidak diperoleh oleh Korps Marinir AS.)

F-14 Tomcat (Foto 2)

F-14 Tomcat (Foto 3)

F-14 Tomcat (Foto 4)

F-14 Tomcat (Foto 5)

Galeri Wallpaper Foto Jet Tempur F-14 Tomcat :
F-14 Tomcat adalah pesawat tempur supersonik sayap ayun, yang bermesin dan berkursi ganda. F-14 merupakan pesawat tempur superioritas udara utama Angkatan Laut Amerika Serikat dari tahun 1972 sampai tahun 2006. Pesawat ini juga memiliki kemampuan serang darat setelah dilengkapi sistem LANTIRN. Pesawat ini mulai dikembangkan setelah kegagalan proyek F-111B, dan merupakan pesawat tempur generasi ke-4 pertama Amerika Serikat, yang dirancang dengan didasari pengalaman bertempur dengan pesawat-pesawat MiG buatan Soviet pada Perang Vietnam.

Pesawat ini mulai dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1972, menggantikan F-4 Phantom II. Pesawat ini juga sempat diekspor ke Iran pada tahun 1976. Pada tanggal 22 September 2006, pesawat ini resmi dipensiunkan dan digantikan oleh F-18 Super Hornet.

Program F-14 Tomcat dimulai ketika pengembangan F-111B, varian Angkatan Laut Amerika Serikat dari program Tactical Fighter Experimental (TFX), dianggap tidak memuaskan, karena terlalu berat dan kurang lincah. Angkatan Laut AS membutuhkan pesawat tempur pertahanan armada (fleet air defense fighter, FADF) yang peran utamanya adalah mencegat pesawat pengebom Soviet sebelum mereka bisa meluncurkan rudal ke arah armada laut, selain itu Angkatan Laut AS juga menginginkan pesawat yang memiliki kemampuan superioritas udara yang baik.

Pada bulan Mei 1968, Kongres Amerika Serikat menghentikan pendanaan untuk program F-111B, membuat Angkatan Laut AS bisa mengembangkan pesawat baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Angkatan Laut AS kemudian memulai tender untuk pengembangan pesawat baru. Dari lima perusahaan yang memberikan proposal (empat diantaranya menawarkan pesawat dengan sayap lipat seperti F-111), McDonnell Douglas dan Grumman dipilih sebagai finalis pada Desember 1968, dan akhirnya Grumman memenangkan kontrak ini pada Januari 1969. Sebelum ini, Grumman memang merupakan mitra dalam pengembangan F-111B, dan mereka sudah mulai memikirkan dan merancang pesawat baru ketika merasakan bahwa program F-111B akan gagal. Desain awal dan perkiraan harga sebelumnya sudah sempat disebarkan ke petinggi Angkatan Laut sebagai alternatif F-111B. F-14 pertama kali terbang pada tanggal 21 Desember 1970, hanya 22 bulan setelah Grumman memenangkan kontrak ini.

Varian Jet Tempur F-14 Tomcat

712 unit pesawat tempur F-14 telah diproduksi antara tahun 1969 sampai 1991 di pabrik Grumman di Calverton, Long Island.
  • YF-14A: Prototip dan versi praproduksi. 12 buah.
  • F-14A: Versi produksi pertama, interseptor berkursi ganda untuk Angkatan Laut AS. Modifikasi pada saat-saat akhir menambahkan kemampuan serang darat. 545 buah dikirim ke Angkatan Laut AS, dan 79 buah ke Iran. 102 F-14A terakhir menggunakan mesin TF30-P-414A yang lebih baru. Selain itu, F-14A ke-80 diproduksi untuk Iran, tetapi akhirnya dipakai AS.
  • F-14A + Plus atau F-14B: Pembaruan dari F-14A dengan mesin GE F110-400. 38 pesawat baru diproduksi, dan 48 buah F-14A dimutakhirkan ke bersi B ini. Pada akhir tahun 1990-an, 67 F-14B diperbarui dengan badan pesawat baru dan peralatan avionik mutakhir. Pesawat dengan modifikasi ini diberi nama F-14B Upgrade.
  • F-14D Super Tomcat: Varian terakhir F-14. Mesin TF-30 diganti dengan GE F110-400, seperti pada F-14B. F-14D juga ditambah peralatan avionik digital terbaru termasuk Glass cockpit, dan radar APG-71 menggantikan AWG-9. 37 pesawat baru diproduksi, dan 18 F-14A dimutakhirkan ke versi D.
Spesifikasi Jet Tempur F-14 Tomcat

Karakteristik umum
  • Kru : 2 (Pilot dan Petugas Radar Intercept)
  • Panjang : 61 ft 9 in
  • Lebar sayap : Spread: 64 ft (19 m), Swept : 38 ft
  • Tinggi : 16 ft
  • Luas sayap : 565 ft²
  • Airfoil : NACA 64A209.65 mod root, 64A208.91 mod tip
  • Bobot kosong : 42,000 lb
  • Bobot terisi : 61,000 lb
  • Bobot maksimum lepas landas : 72,900 lb
  • Mesin : 2 unit General Electric F110-GE-400 afterburning turbofans
    • Dorongan kering : 13,810 lbf masing-masing
    • Dorongan dengan pembakar lanjut : 27,800 lbf masing-masing
Kinerja
  • Kecepatan maksimum : Mach 2.34 (1,544 mph, 2,485 km/jam)
  • Radius tempur : 500 nm
  • Jarak jangkau : 1,600 nm
  • Laju panjat : 45,000 ft/menit
  • Beban sayap : 113.4 lb/ft²
  • Rasio Dorongan dan Berat : 0.91
Persenjataan :
  • Cannon : 1 unit M61 Vulcan kaliber 20 mm
  • Peluru Kendali : AIM-54 Phoenix, AIM-7 Sparrow, AIM-9 Sidewinder
  • Bom : GBU-10, GBU-12, GBU-16, GBU-24, GBU-24E Paveway I/II/III LGB, GBU-31, GBU-38 JDAM, Mk-20 Rockeye II, Mk-82, Mk-83, Mk-84
Avionik
  • Radar Hughes AN/APG-71
  • AN/ASN-130 INS, IRST, TCS
wikipedia.org

Video Jet Tempur F-14 Tomcat :
Video manuver terbang pesawat jet tempur F-14 Tomcat.