Rabu, 25 Januari 2012



: Posted on Rabu, 25 Januari 2012 - 09.55

EMB 314 Super Tucano adalah jenis pesawat tempur ringan turboprop yang diproduksi oleh pabrikan pesawat Embraer yang berkedudukan di Brazil. Pesawat tempur EMB 314 Super Tucano yang dikenal memiliki beberapa keunggulan ini telah menarik minat para pejabat TNI AU dan telah memesannya sebanyak 1 Skuadron atau sejumlah 16 unit pesawat tempur EMB 314 Super Tucano. Menurut kabar, 4 dari 16 unit pesawat yang dipesan tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada peringatan hari jadi TNI AU yang ke-65 pada 9 April 2012.
EMB 314 Super Tucano (Foto 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara
EMB 314 Super Tucano yang juga bernama ALX atau A-29 adalah pesawat turboprop yang dirancang untuk serangan ringan, pemberontakan counter (COIN) dan misi pelatihan pilot, menggabungkan avionik modern dan sistem senjata. Saat ini dalam pelayanan dengan angkatan udara Brasil, Republik Dominika dan Kolombia, dan telah diperintahkan oleh kekuatan Chili dan Ekuador. Embraer memiliki rencana untuk menjualnya kepada negara-negara lain di Asia dan Timur Tengah. Selain pelatihan pilot, itu sangat digunakan dalam memantau operasi dalam cekungan Amazon. Ketika memperkenalkan Embraer Tucano dua puluh tahun yang lalu, itu benar-benar merevolusi konsep pelatihan pilot militer. Sekarang perusahaan diatur untuk mengulangi prestasi itu. The Super Tucano membuat debutnya selama masa kendala ekonomi saat pensiun avionik dan persenjataan yang menempatkan tuntutan peningkatan standar pelatihan. Dekade terakhir ini membawa perubahan dramatis dalam penerbangan militer. Terobosan avionik, sensor dan sistem persenjataan telah sangat mempengaruhi dan dirasionalisasi kerja dengan berbagai macam platform pesawat tempur, patroli dan pengintaian, yang semuanya memiliki efek signifikan terhadap pelatihan pilot. skenario baru hari ini operasi permintaan keterampilan unggul dari penerbang yang tak terbayangkan bahkan sepuluh tahun yang lalu. Kemudian, pesawat dan pelatihan silabus bersama-sama hanya menghasilkan pilot yang memenuhi syarat yang dicetak sesuai dengan realitas operasional. Di zaman yang penuh tantangan, siklus instruksi pilot militer di masa depan sekarang harus memastikan transisi yang sangat fluida ke unit operasional. Berakhirnya perang dingin memunculkan ancaman baru, yang sebelumnya tidak aktif dan yang tidak selalu dapat memuaskan ditangani melalui vektor performa tinggi. Hal ini terutama berlaku dalam kaitannya dengan wilayah dengan batas-batas yang luas dan relatif berpori. Embraer terus aspek ini dalam pikiran dalam pengembangan pesawat baru yang radikal, idealnya cocok untuk menangani dengan saat ini dan masa yang akan datang persyaratan pelatihan melawan militer dan juga deployable dalam skenario yang tidak sesuai performa tinggi pesawat tempur. Bernama EMB 314 Super Tucano, pesawat ini multi-purpose turboprop baru militer mencakup fitur dijamin untuk menjadikannya sebagai legendaris seperti pendahulunya, yang Tucano, favorit angkatan udara begitu banyak di seluruh dunia. Permintaan untuk pesawat serang ringan merupakan bagian dari pemerintah Brasil SIVAM (Amazon Surveillance System) Proyek. Pesawat ini akan terbang dengan R-99a dan pesawat R-99B saat ini dalam pelayanan dan akan bertanggung jawab untuk mencegat pesawat terbang ilegal dan patroli perbatasan Brasil. Proyek ALX kemudian dibuat oleh Angkatan Udara Brasil, yang juga membutuhkan seorang pelatih militer untuk menggantikan Embraer EMB 326GB Xavante. Proyek pesawat baru cocok untuk kawasan Amazon (suhu tinggi, kelembaban, dan curah hujan; ancaman rendah). Ini ALX kemudian ditetapkan sebagai mesin pesawat turboprop dengan jarak jauh dan otonomi, mampu beroperasi di siang dan malam, dalam setiap kondisi meteorologi, dan mampu mendarat di lapangan udara pendek kurang infrastruktur. Penerbangan pertama dari produksi pesawat Tucano satu kursi Super terjadi pada tanggal 2 Juni 1999, sedangkan penerbangan pertama dari versi dua-kursi berlangsung pada tanggal 22 Oktober 1999. EMB 314 Super Tucano adalah versi yang disempurnakan, dengan kecepatan lebih cepat dan ketinggian yang lebih tinggi, dari pesawat EMB-312 Tucano trainer yang operasional dalam Angkatan Udara dari 17 negara. Prototipe dari Super Tucano pertama terbang pada tahun 1992. Baik dan Super Tucano Tucano telah dikembangkan dan dibangun oleh Embraer Brasil. Pada tahun 1995, Embraer telah memenangkan kontrak untuk mengembangkan varian dari Super Tucano, yang dikenal sebagai ALX atau pesawat serang ringan, untuk Angkatan Udara Brasil (FAB), dioptimalkan untuk kondisi lingkungan dari Amazon Brazil. The ALX mampu beroperasi misi siang dan malam dari pangkalan-pangkalan terpencil dan landasan pacu tak beraspal dengan dukungan tanah minimal. Pesawat produksi pertama selesai tahun 1999. Pada bulan Agustus 2001, Angkatan Udara Brasil Embraer mendapatkan kontrak untuk 76 pesawat / Super Tucano ALX dengan pilihan untuk 23 lebih lanjut. 51 dari pesawat ini adalah dua versi seater, ditunjuk AT-29, yang ditempatkan di Natal Air Force Base dan mengganti AT-26 pelatih Xavante jet canggih yang sedang mendekati akhir hidup operasional mereka. The sisa 25 pesawat kursi tunggal A-29 ALX versi. Sebanyak 25 EMB 314 Super Tucano (varian AT-29B) yang dibeli oleh Angkatan Udara Kolombia dalam kesepakatan USD 234 juta, dibeli langsung dari perusahaan Brasil Embraer. Pesawat tiga pertama tiba di pagi hari 14 Desember 2006 menjadi lapangan terbang militer CATAM di Bogotá. Dua pesawat yang disampaikan pada minggu 16 Desember, 2006 sepuluh lebih pada semester pertama tahun 2007 dan sisanya pada bulan Juni 2008. Pada tahun 2008, Angkatan Udara Kolombia menggunakan Super Tucano dipersenjatai dengan rudal Griffin dalam wilayah udara Ekuador selama "Operasi Phoenix", menghancurkan sel gerilya dan membunuh kepala kedua-di-komando FARC, Raúl Reyes. Acara ini menyebabkan istirahat diplomatik antara kedua negara. Pada tahun 2006, Embraer memiliki potensi penjualan 24 unit jatuh Venezuela melalui. Presiden Venezuela Hugo Chavez menyatakan Amerika bertanggung jawab untuk mendesak Brasil untuk tidak menandatangani kontrak. A-29 Super Tucano (Wallpaper 3). Galeri foto dan gambar wallpaper Pesawat tempur A-29 Super Tucano 3. Koleksi wallpaper foto dan gambar manuver Pesawat tempur A-29 Super Tucano 3. Satu Super Tucano juga telah dibeli oleh anak perusahaan Blackwater Worldwide, sebuah perusahaan kontraktor militer swasta Amerika. Pesawat tidak termasuk senapan mesin biasanya menempel pada sayap. Embraer telah mengumumkan bekerja sama dengan Sierra Nevada untuk membangun Super Tucano di Jacksonville, Florida, jika mitra dapat memenangkan kontrak US Air Force yang dijadwalkan akan diberikan pada bulan Juni. Sierra Nevada peran sebagai kontraktor utama yang berbasis di Embraer tawaran itu terungkap setelah kedua pesaing - juga termasuk Lockheed Martin / Hawker Beechcraft AT-6 - percobaan penerbangan selesai dalam proses evaluasi atas dukungan udara cahaya (LAS) kontrak. Program ini akan memasok hingga 20 pesawat untuk melayani sebagai pelatih kontra-pemberontakan dan pejuang untuk pilot Afghanistan. The USAF juga berencana untuk membeli 15 pesawat untuk melayani sebagai pelatih untuk pilot sendiri, yang kemudian bisa ditugaskan untuk asing "partner" melawan gerilyawan atau teroris. Kedua pesaing berpikir kontrak akhirnya dapat bernilai lebih dari 35 pesawat, namun. Pada tahun 2008 Angkatan Laut Amerika Serikat mulai menguji super Tucano atas perintah AS Komando Operasi Khusus untuk penggunaan potensinya untuk mendukung operasi perang khusus, memberikan penunjukan resmi AS A-29B. The Super Tucano sedang ditawarkan dalam kompetisi Angkatan Udara AS untuk 100 pesawat melawan pemberontakan pada tahun 2009. Pada bulan Desember 2009, Angkatan Udara Peru mempertimbangkan suatu urutan 12 Super Tucanos. Pada tanggal 12 April 2010, Brazil menandatangani pakta pertahanan yang membuka negosiasi untuk akuisisi 200 Super Tucanos dari Embraer untuk pasukan AS. Pesawat ini dilengkapi dengan dua komputer misi pusat. A-29 Super Tucano (Wallpaper 4). Galeri foto dan gambar wallpaper Pesawat tempur A-29 Super Tucano 4. Koleksi wallpaper foto dan gambar manuver Pesawat tempur EMB 314 Super Tucano. Sistem senjata terintegrasi berisi perangkat lunak untuk senjata bertujuan, manajemen senjata, perencanaan misi dan misi latihan. Onboard rekaman digunakan untuk analisis post misi. Pesawat ini memiliki lima cantelan untuk membawa senjata, dan mampu membawa beban eksternal maksimum 1.500 kg. Pesawat ini dipersenjatai dengan dua sayap-dipasang senapan mesin 12,7 mm dengan laju api putaran 1.100 menit dan mampu membawa bom tujuan umum dan udara-dipandu ke-udara dan rudal udara-ke-tanah. Brasil AF pesawat dipersenjatai dengan rentang-1 MAA Piranha pendek-inframerah peluru kendali udara-ke-udara dari Orbita. Kursi dua AT-29 dilengkapi dengan inframerah AN/AAQ-22 memandang ke depan Safire menara di bagian bawah badan pesawat. Pencitraan Safire disediakan oleh sistem thermal FLIR Systems adalah untuk penargetan, navigasi dan pelacakan target. Sistem ini memungkinkan pesawat untuk melaksanakan misi pengintaian malam hari dan menyerang.

EMB 314 Super Tucano (Foto 2). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

EMB 314 Super Tucano (Foto 3). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

EMB 314 Super Tucano (Foto 4). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

EMB 314 Super Tucano (Foto 5). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara

Galeri Wallpaper Foto Pesawat Tempur EMB 314 Super Tucano :
EMB 314 Super Tucano adalah jenis pesawat tempur ringan turboprop yang diproduksi oleh pabrikan pesawat Embraer yang berkedudukan di Brazil. Pesawat tempur yang dikenal memiliki beberapa keunggulan ini telah menarik minat para pejabat TNI AU dan telah memesannya sebanyak 1 Skuadron atau sejumlah 16 unit pesawat tempur EMB 314 Super Tucano. Menurut kabar, 4 dari 16 unit pesawat yang dipesan tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada peringatan hari jadi TNI AU yang ke-65 pada 9 April 2012.

EMB 314 Super Tucano merupakan pesawat latih berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya buatan Embraer Defense System, Brasilia. EMB-314 Super Tucano merupakan pengembangan dari EMB-312 Tucano yang telah terjual 650 unit untuk 15 negara dengan Brasilia sebagai pemakai utama memiliki 130 unit. Penyempurnaan yang dilakukan dari pesawat sebelumnya meliputi sistem avionik, sistem persenjataan dan sistem komunikasi data. Sejak diperkenalkan dan dipakai Brasilia pada tahun 2004, EMB-314 terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang terkenal sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan dan perdagangan narkotika.

Selain Brazil sendiri, pesawat tersebut juga telah digunakan AU Kolombia, Chili, Republik Dominika dan Ekuador. Embraer juga berencana untuk merambah ke beberapa negara di Asia dan Timur Tengah.

Pada tahun 1995, Embraer memenangi kontrak dari Brasil Air Force (FAB) pengembangan varian Super Tucano, dikenal sebagai proyek pesawat serang ringan ALX. Pesawat ini dioptimalkan untuk kondisi lingkungan di Amazon, Brazil. ALX diciptakan untuk mampu beroperasi disegala kondisi cuaca, siang dan malam, misi dari pangkalan terpencil dan tak beraspal tanah landasan pacu dengan sedikit dukungan. Pesawat produksi pertama selesai pada tahun 1999.

Pada Agustus 2001, AU Brazil menandatangani kontrak pembelian 76 unit EMB 314 Super Tucano dengan konfigurasi 25 unit kursi tunggal (A-29 ALX) dan 51 unit kursi ganda (AT-29 ALX). AT-29 ditempatkan di pangkalan AU-Natal untuk menggantikan posisi AT-26 Xavante yang habis masa baktinya. Salah satu misi utamanya adalah melakukan patroli perbatasan di bawah program sistema de Vigilancia da Amazonia (SIVAM) yakni program pengawasan kawasan Amazon. Pesawat pertama kali dikirim ke AU Brazil pada Desember 2003, hingga September 2007 Embraer telah menyerahkan sekitar 50 unit pesawat kepada AU Brazil. Pengiriman pesawat ini telah diselesaikan di akhir tahun 2009 kemarin.

Selain sebagai pesawat latih tingkat dasar dan lanjutan, Super Tucano juga dapat dioperasikan sebagai pesawat patroli perbatasan dan counter-insurgency operations (operasi penumpasan pemberontakan). Pesawat sanggup bermanuver hingga +7g dan -3.5g. Ukurannya yang kecil sanggup mereduksi sinyal radar dan visual, dikombinasi dengan kecepatan yang tinggi dan lincah dalam bermanuver memberikan tingkat survivability cukup tinggi. Tingkat keamanannya pun bertambahan berkat pelindung baja disekitar kokpit dan critical systems redundancy.

Di bulan Agustus 2001, Embraer mengumumkan penandatanganan kontrak pembelian 10 unit EMB 314 Super Tucano dengan Republik Dominika. Pesawat tersebut akan difungsikan sebagai pesawat latih, keamanan internal, patroli perbatasan dan perang melawan narkotika. Namun belakangan jumlahnya dikurangi menjadi 8 pesawat, dan pada 18 Desember 2009 kemarin telah diserah terimakan 2 pesawat.

Pada Februari 2005, Venezuela menyatakan minatnya membeli 24 unit EMB-314 Super Tucano kepada Brazil dalam 2 tahap. Tahap pertama 12 unit, sisanya di tahap selanjutnya. Namun proses pembeliannya dibatalkan karena tekanan dari Amerika yang memberlakukan embargo kepada Venezuela termasuk semua komponen sukucadang yang dibuat AS. Saat ini Super Tucano masih menggunakan 30% komponen dari AS.

Pada Desember 2005, AU Kolombia memesan 25 pesawat Super Tucano yang akan digunakan untuk berpatroli di sepanjang garis perbatasannya dan untuk keamanan internal. Pengiriman 5 unit pertama dilakukan pada Desember 2006 dan rampung seluruhnya pada Agustus 2008. Pesawat pesanan Kolombia ini menggunakan perangkat avioniks yang dipasok dari Elbit System.

April 2008, AU Chili memutuskan membeli 12 pesawat EMB-314. Kontraknya sendiri ditandatangani pada Agustus 2008. Empat pesawat telah diterima AU Chili (FACH) pada 23 Desember 2009.

Spesifikasi Pesawat Tempur EMB 314 Super Tucano :
  • Jumlah crew : 1 pilot pada versi kursi tunggal, 1 pilot dan 1 navigator / siswa pada versi dua kursi / latih.
  • Panjang : 11,42 meter
  • Rentang sayap : 11,14 meter
  • Tinggi 3,9 meter
  • Luas area sayap : 19,4 meter persegi
  • Berat kosong : 2.420 kg
  • Bobot keseluruhan : 3.600 kg
  • Mesin penggerak utama : 1 unit Pratt & Whitney Canada PT6A-68C turboprop, 1,600 hp (1,193 kW)
Kinerja:
  • Kecepatan penuh : 557 km/jam
  • Jarak jelajah : 1.568 km
  • Ketinggian terbang maksimum : 10.668 meter
  • Kecepatan panjat : 14,9 meter/detik
Persenjataan:
  • 2 unit senapan mesin kaliber 12,7 mm FN Herstal M3P
  • Bom hingga bobot total 1.500 kg
  • Roket
  • 2 unit misil MAA-1 Piranha
Avionik:
  • FLIR
tribunnews.com, wikipedia.org

Video Pesawat Tempur EMB 314 Super Tucano123 :
Video manuver terbang pesawat tempur EMB 314 Super Tucano.



Bagikan :


Artikel militer terkait :
thumbnail Pesawat Tempur EMB 314 Super Tucano Prokimal Kotabumi 2012-01-25T09:55:00+07:00 4.9 100 Reviews

Copyright © 2013. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara