Cari di Blog Ini

Sabtu, 17 Maret 2012

A-4 Skyhawk TNI-AU berganti warna loreng abu–abu

A-4 Skyhawk TNI-AU
A-4 Skyhawk TNI-AU PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. A-4 Skyhawk TNI-AU berganti warna loreng abu–abu. Pesawat tempur taktis Hawk 109/209 Elang Khatulistiwa resmii bergant corak dari loreng cokelat menjadi loreng abu - abu. Siaran pers yang diterima Suara Karya dari Mabes TNI AU di Jakarta, Kamis (15/3) menjelaskan, perubahan warna ini berdasarkan Petunjuk Teknik Udara (PTU) Nomor 126 perbaikan ke-4 tahun 2011, tentang Standarisasi Pola dan Warna pengecatan pesawat TNI AU. "Untuk tahap awal pengecatan dilakukan terhadap 3 pesawat yaitu pesawat TT 0223, TT 0224 dan TT 0234. Sekarang ini pesawat TT 0223 dan pesawat TT 0234 sudah dilaksanakan pengecatan dan masuk tahap finishing. Sedangkan pesawat TT 0224 baru tahap pengamplasan atau penghilangan cat asli," demikian siaran pers mengutip keterangan Danflight Pemeliharaan Skadud 1, Kapten (Tek) Surat.
Elang Khatulistiwa Ganti Kulit

Kurang lebih 13 tahun lamanya Skadron Udara 1 Lanud Supadio sudah memperkuat pengamanan kawasan di Indonesia bagian barat. Keberadaannya di bumi Khatulistiwa sangat dibutuhkan maklum saja Kalimantan Barat dan kawasan seputar Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah kawasan yang berhadapan langsung dengan corong laut China Selatan. Sehingga tidak mengherankan kedatangan Elang Khatulistiwa di Bumi Khatulistiwa ini disambut sangat meriah dan antusias dari masyarakat maupun pemerintah daerah setempat.

Diawal kedatangannya pesawat tempur taktis ini bercorak loreng coklat namun sejalan dengan waktu dan kebutuhan maka warna atau kulit si Elang Khatulistiwa ini akan diubah menjadi loreng abu-abu. Menurut Danflight Har Skadud 1 Kapten Tek Surat, S.T, perubahan warna ini berdasarkan Petunjuk Teknik Udara (PTU) No. 126 perbaikan Ke IV tahun 2011 tentang Standarisasi Pola dan Warna pengecetan pesawat TNI AU. "Untuk tahap awal pengecatan dilakukan terhadap 3 pesawat yaitu pesawat TT 0223, TT 0224 dan TT 0234. Sekarang ini pesawat TT 0223 dan pesawat TT 0234 sudah dilaksanakan pengecetan dan masuk tahap finishing. Sedangkan pesawat TT 0224 baru tahap pengaplasan atau penghilangan cat asli", jelas Danflight Har.

Ia menambahkan untuk proses dari awal hingga selesai pengecatan pesawat dilaksanakan oleh anggota Banharlap Depohar 30. Untuk satu pesawat memakan waktu lebih kurang 10 hari dan rencananya ketiga pesawat ini akan ditampilkan pada acara puncak HUT Ke-66 TNI Angkatan Udara tanggal 9 April mendatang di Jakarta.

tni-au.mil.id


Tidak ada komentar: