Cari di Blog Ini

Senin, 05 Maret 2012

Pasukan Garuda XXI/MONUSCO lakukan pemeriksaan triwulan peralatan TNI di Kongo

Pasukan Garuda XXI/MONUSCO lakukan pemeriksaan triwulan peralatan TNI di Kongo.
Tim Garuda XXI/MONUSCO Periksa Peralatan TNI di Kongo

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Zeni TNI Kontingen Garuda XXI/MONUSCO melakukan pemeriksaan terhadap seluruh peralatan Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-I/Monuco yang melaksanakan misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo, Minggu (4/3/2012).

Pemeriksaan yang dilakukan setiap triwulan sekali, bertujuan untuk memeriksa kondisi dan kesiapan seluruh peralatan termasuk base camp baik menyangkut kebersihan, kelengkapan maupun kesiapan operasionalnya. Semua peralatan tersebut harus sesuai dengan standar yang telah disepakati dalam MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PBB, baik menyangkut peralatan utama dalam hal ini alat-alat berat Zeni maupun alat-alat pendukungnya.

Peralatan utama yang diperiksa di antaranya yaitu Bulldozer, Crane, Bacho Loader, Grader, Vibro Roller, Dum Truck, Excavator, Forklift, Truk Cargo, Truk Reo, Mesin Penjernih Air, Generator/Genset, Container Pendingin Makanan, Container Gudang, Mobil Ambulance, Rumah Sakit Level Satu, 1 Set Mobil EOD/Robot dan Senjata/Munisi.

Sedangkan alat pendukung yang diperiksa meliputi peralatan memasak/dapur, makan, komunikasi, tenda, optic (teropong, GPS, kompas), MCK, kebersihan dan mesin cuci. Di samping itu, peralatan perorangan prajurit juga ikut diperiksa. "Kami menemukan sebuah surga di negeri yang bernama Kongo, yakni saat berada di perkemahan Pasukan Garuda Bumi Nusantara Dungu, Kongo-Afrika", kata Mr Zapal.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan langsung terhadap masing-masing peralatan, Tim COE Monusco (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) memberi penilaian positif terhadap kesiapan alat-alat untuk mendukung tugas-tugas Satgas Kompi Zeni TNI.

Sementara itu, pemeriksaan yang sama juga dilakukan terhadap Base Camp Kiliwa Duru yang dilaksanakan selama kurang lebih lima jam, karena peralatan sedang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan jalan Dungu-Duru.

Di akhir kunjunganya, Mr. Zapala Irias Jose dan rombongan menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada seluruh prajurit TNI/Kontingen Garuda XX-I/Monusco yang telah bekerja dengan baik dan profesional.

www.tribunnews.com


Tidak ada komentar: