Cari di Blog Ini

Kamis, 29 Maret 2012

Penempatan pesawat intai AS di Australia dikhawatirkan timbulkan ketegangan militer di Asia Tenggara

Pesawat UAV Amerika
Pesawat UAV Amerika
| PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara. Penempatan pesawat intai AS di Australia dikhawatirkan timbulkan ketegangan militer di Asia Tenggara
AS Tempatkan Pesawat Pengintai

Militer AS menyebutkan bahwa rencana penempatan pesawat pengintai canggih milik mereka di Kepulauan Cocos milik Australia untuk memperkuat komando militer AS di Pasifik.

Seperti diketahui, secara geografis ada beberapa wilayah AS, seperti Hawaii dan Samoa, merupakan bagian dari Pasifik. Akan tetapi, banyak pihak menyebutkan upaya AS itu adalah untuk mengimbangi meningkatnya kekuatan militer Cina di Asia. Selain itu juga untuk menangkal upaya Cina mencaplok wilayah Laut Cina Selatan yang selama ini menjadi sumber konflik teritorial di kalangan negara-negara Asia Tenggara. Dalam hal ini, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (28/3), China, Filipina, Malaysia, Brunei, Vietnam dan Taiwan, masing-masing mengklaim Laut Cina Selatan sebagai teritori mereka.

Sampai saat ini, penyelesaian konflik Laut Cina Selatan belum menghasilkan solusi yang efektif. Hal inilah yang menyebabkan banyak pihak, khususnya negara-negara ASEAN termasuk Indonesia, khawatir, klaim Cina itu akan menyebabkan terganggunya stabilitas keamanan ASEAN yang selama ini dikenal sebagai zona damai.

Kini dengan terungkapnya rencana AS di Cocos Islands tersebut, banyak pihak menilai hal itu sebagai ancaman terhadap situasi damai di Asia Tenggara. Mereka menilai kebijakan militer AS itu dapat menimbulkan ketegangan baru.

www.pikiran-rakyat.com


Tidak ada komentar: