Helikopter tempur jenis serbu Eurocopter Tiger EC-665 dikembangkan dan dibuat untuk Angkatan Darat Jerman dan Angkatan Darat Perancis. Varian UHT multi-peran dukungan tempur untuk Angkatan Darat Jerman dan HAD multi-peran tempur dan HAP dukungan tempur untuk Angkatan Darat Perancis. Eurocopter Tiger EC-665 sedang dibangun oleh Eurocopter, sebuah konsorsium yang beranggotakan perusahaan (European Aeronautics Defence and Space) EADS, DaimlerChrysler Aerospace dari Jerman, Aerospatiale Matra Perancis dan CASA Spanyol. Penerbangan pertama helikopter ini dilakukan pada tahun 1991. Tahap produksi dimulai pada Maret 2002 dan penerbangan pertama dari produksi Tiger HAP untuk Perancis terjadi pada Maret 2003. Perancis telah memesan 80 pesawat (40 HAP tempur dukungan dan 40 HAD multi-peran tempur). Versi HAP pertama dikirimkan pada Maret 2005.
Eurocopter Tiger EC-665 (Foto 1). PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Helikopter Tempur Eurocopter Tiger EC-665.
Jerman telah memesan 80 pesawat tempur dukungan dan Eurocopter Tiger EC-665 UHT pertama untuk Jerman itu disampaikan pada bulan April 2005. Pengadaan jumlah ini direncanakan akan 120 untuk Prancis dan 120 untuk Jerman. Pada Desember 2001, Eurocopter, dengan ARH Tiger (pengintaian bersenjata), dianugerahi kontrak untuk 87 persyaratan Udara Angkatan Darat Australia selama 22 helikopter Tiger. Para ARH Tiger adalah versi modifikasi dari HAP Tiger dengan upgrade MTR390 mesin, sebuah penanda laser yang dimasukkan di mata Strix untuk penembakan Hellfire udara-ke-darat rudal II dan M299 "pintar" peluncur. The Tiger pertama ARH mengambil penerbangan perdananya pada bulan Februari 2004 dan pengiriman dimulai pada bulan Desember 2004. Hal ini dijadwalkan untuk masuk layanan pada pertengahan-2008. Sertifikasi dari Hellfire II rudal sedang berlangsung dan harus selesai pada September 2005. Australia Aerospace (anak perusahaan Eurocopter) telah mendirikan fasilitas produksi lokal untuk perakitan helikopter dan pembuatan suku cadang untuk seluruh program. ADI Ltd merupakan sebuah subkontraktor utama, bertanggung jawab untuk mengubah misi dan sistem komunikasi. Pada September 2003, Spanyol memilih versi helikopter tempur Eurocopter Tiger EC-665 HAP, yang akan disebut HAD, yang akan dipersenjatai dengan Rafael Spike-ER anti-armor dan udara-ke-udara rudal Mistral sistem. 24 helikopter akan dipesan yang juga akan memiliki mesin MTR390E uprated Enhanced dan muatan lebih berat. Enam helikopter dalam versi HAP akan dikirim ke Spanyol pada tahun 2007, yang kemudian akan dikonversi ke HAD. Tiga pertama dikirim pada bulan Mei 2007. 18 versi HAD akan dikirim antara 2010 dan 2014. Prancis awalnya menempatkan pesanan untuk 70 Eurocopter Tiger EC-665 HAP dan sepuluh HAC, sebuah varian anti-tank tapi ini diubah menjadi 40 HAP dan 40 varian HAD pada Desember 2005. Spanyol dan Perancis menandatangani kontrak pembangunan untuk helikopter pada Desember 2004. Produksi SUDAH melakukan penerbangan perdananya pada Desember 2007.
Pada awalnya, helikopter serbu Eurocopter Tiger EC-665 dikembangkan dan dibuat untuk Angkatan Darat Jerman dan Angkatan Darat Perancis. Helikopter ini diproduksi dalam 3 konfigurasi, versi multi-peran dukungan serangan (UHT) untuk AD Jerman, multi-peran tempur (HAD) dan multi-peran dukungan tempur (HAP) untuk AD Perancis. Tiger EC-665 diproduksi oleh perusahaan Eurocopter yang dibentuk oleh perusahaan-perusahaan dirgantara Eropa yaitu DaimlerChrysler Aerospace (Jerman), Aerospatiale Matra (Perancis) dan CASA (Spanyol).
Purwarupa Eurocopter Tiger EC-665 diterbangkan pertama kali pada bulan April 1991. Proses produksinya dimulai pada bulan Maret 2002. Sedangkan penerbangan perdana dari hasil produksi ini dilakukan oleh Eurocopter Tiger versi HAP pesanan Angkatan Darat Perancis pada bulan Maret 2003.
Badan pesawat helikopter Tiger terbuat dari bahan yang terdiri dari 80% serat karbon yang diperkuat dengan polimer dan Kevlar, 11% aluminium, dan 6% titanium. Sedangkan rotor terbuat dari bahan serat plastic yang mampu menahan dari kerusakan akibat pertempuran dan serangan kawanan burung. Untuk antisipasi sambaran petir serta gelombang kejut elektromagnetik, helikopter tempur ini mengandalkan lapisan tembaga / perunggu pada badan pesawat.
Eurocopter Tiger menyediakan kursi tandem (2 kursi depan belakang) untuk awak. Pilot duduk di kursi depan, sedangkan operator persenjataan duduk pada kursi belakang. Posisi kursi depan dan belakang diletakkan agak berlawanan sehingga pandangan ke depan operator persenjataan tidak terganggu oleh pilot.