Cari di Blog Ini

Rabu, 29 Februari 2012

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) akan gelar Ekspedisi Katulistiwa menjelajah Kalimantan

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) akan gelar Ekspedisi Katulistiwa menjelajah Kalimantan.
Kopassus Gelar Ekspedisi Katulistiwa

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) akan mengadakan ekspedisi Katulistiwa untuk mengenal lebih dekat kondisi di Kalimantan. Ekspedisi ini merupakan kelanjutan dari Ekspedisi Bukit Barisan 2011 yang menyisir Aceh hingga Lampung. Hal itu diungkapkan oleh Komandan Kopassus Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya di Gedung Flamboyan Markas Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta (28/2).

Kegiatan ekspedisi ini akan dilakukan di Kalimantan dan dibagi dalam beberapa kelompok yaitu menyisir daerah perbatasan dari Tanjung Datuk di Sambas, Kalimantan Barat, lalu ke Bengkayang, Sanggau, Kapuas Hulu, Sekadau, Malinau, hingga Tanjung Harapan, Nunukan, Kalimantan Timur. Lalu penejelajahan sungai pantai yang menyusuri pinggiran laut Kalimantan dari barat ke timur. Total jarak jelajahnya adalah 5.800 kilometer dan akan dilakukan selama 12 minggu.

Menurut Wisnu, target kegiatan ekspedisi katulistiwa adalah agar masyarakat lebih mengenal dan mencintai negara Indonesia dari sudut pandang nasionalisme dan kebangsaan. "Lalu menciptakan keharmonisan dalam berbangsa dan bernegara agar persatuan dan kesatuan Indonesia dapat dikuatkan."

Selain itu, tujuan ekspedisi untuk meningkatkan naluri tempur pasukan TNI di daerah perbatasan, seperti rawa, laut, sungai, pantai (Ralasuntai) dan meningkatkan jiwa persatuan antara TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat. Lalu mendata dan meneliti patok perbatasan, kerusakan hutan, flora-fauna khususnya penyelamatan orang utan, potensi geologi dan bencana serta social budaya di Kalimantan.

Kegiatan ini melibatkan unsur akademisi dan media massa untuk meneliti kekayaan, kerusakan dan potensi bencana alam yang kemudian diberitahukan ke masyarakat. Kopassus memberikan rincian acara kegiatan, yaitu pendaftaran peserta dari 1 sampai 10 maret 2012, Pemeriksaan Kesehatan 11 sampai 13 Maret 2012, Pra-ekspedisi 14-28 Maret 2012, Upacara Pemberangkatan 30 Maret 2012, Penyerahan pasukan 3-5 April 2012, Ekspedisi 5 April-15 Juli 2012 dan Upacara penutupan pada 17 Juli 2012. "Kegiatan itu akan melibatkan 1.320 personil militer, di antaranya 224 dari Kopassus, 47 dari Kostrad, 80 dari Raider, 50 dari Paskhas, 56 dari Marinir dan lainnya. Lalu beberapa orang dari unsur sipil, meliputi media, peneliti (mahasiswa dan dosen), pemerintah."

www.mediaindonesia.com


Tidak ada komentar: