Cari di Blog Ini

Minggu, 26 Februari 2012

Mantan Marinir Inggris ciptakan senjata laser anti huru-hara

SMU 100 Senjata Laser
SMU 100 Senjata Laser. Mantan Marinir Inggris ciptakan senjata laser anti huru-hara.
Laser untuk senjata anti huru-hara

Kepolisian Inggris akan melakukan uji coba terhadap sebuah senjata laser yang ditujukan untuk membuat orang buta sementara. Senjata yang diberi nama SMU 100 senilai £25.000 dan bias menembakan ''dinding cahaya'' setinggi tiga meter bisa membuat orang yang terjebak didalamnya tidak bisa melihat untuk beberapa waktu. Di desain oleh mantan anggota Komando Marinir Kerajaan, senjata ini awalnya dikembangkan untuk melawan pembajakan di Somalia. Pembuatnya mengklaim anggota polisi yang tidak disebutkan namanya akan melakukan uji coba senjata ini untuk menghadapi kerusuhan massa.

Sejak kerusuhan pecah di beberapa kota di Inggris musim panas lalu, polisi memang tengah mengembangkan alat dan taktik untuk mengendalikan masalah yang melibatkan kerumunan massa. Jika pistol listrik dianggap mampu menangani massa dari jarak dekat, maka senjata laser ini disebut efektif hingga jarak 500 meter.

Persetujuan Depdagri

Paul Kerr adalah direktur pelaksana dari perusahaan keamanan Photonic, yang membuat desain senjata ini mengatakan, "Sistem ini akan memberikan polisi sebuah pencegah penglihatan intimidasi. Jika anda tidak bisa melihat maka anda tidak bisa menyerang.''

Meski efek kebutaan sementara, tetapi bagian dari uji coba ini juga mencari efek samping lainnya. Jika semuanya lancar maka alat ini harus menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri agar dapat digunakan secara resmi.

Ini bukan pertama laser digunakan untuk membutakan sementara orang. Alat serupa pernah digunakan pasukan Inggris dan Amerika di Afghanistan untuk melindungi konvoi dari serangan.

www.bbc.co.uk


Tidak ada komentar: