Cari di Blog Ini

Rabu, 29 Februari 2012

Amerika tingkatkan pemakaian Bandara dan Pelabuhan di Filipina untuk keperluan militernya

Amerika tingkatkan pemakaian Bandara dan Pelabuhan di Filipina untuk keperluan militernya.
AS Tingkatkan Penggunaan Bandara dan Pelabuhan Filipina

Kementerian Luar Negeri dan pihak tentara Filipina mengungkapkan, Amerika Serikat sedang meminta Filipina untuk meningkatkan penggunaan bandara dan pelabuhan di negara tersebut. Tetapi, Amerika tidak berminat untuk membangun pangkalan militer di Filipina.

Amerika dan Filipina telah mengadakan dialog strategis kedua di Washington bulan lalu. Pejabat dari Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan, Amerika hanya berminat untuk menggunakan bandara dan pelabuhan Filipina dan bukannya membangun pangkalan militer di sana. Kunci dialog kali ini adalah mengintensifkan kerja sama kedua negara di bidang militer dan non militer, antara lain pencarian dan penyelamatan, pelayaran bebas, anti terorisme, serta pemberatntasan bajak laut. Dia menjelaskan pula, penggunaan bandara dan pelabuhan oleh Amerika juga memenuhi permintaan penambahan minyak dan perbaikan.

Menurut penjelasan yang bersangkutan, pengintensifan kerja sama kedua negara di bidang militer dan non militer akan memperluas keberadaan Amerika di Filipina. Pada waktu itu, tentara Amerika tidak hanya diizinkan menggunakan fasilitas militer dan lapangan latihan Filipina di Cebu. Tentara Amerika mungkin akan berada di Pulau Batan yang berdekatan dengan Taiwan Tiongkok.

indonesian.cri.cn


Tidak ada komentar: