Cari di Blog Ini

Minggu, 26 Februari 2012

Pesawat Hercules C-130 B TNI AU selesai jalani overhaul dan telah dioperasikan lagi

Pesawat Hercules C-130 B TNI AU
Pesawat Hercules C-130 B TNI AU. Pesawat Hercules C-130 B TNI AU selesai jalani overhaul dan telah dioperasikan lagi.
Selesai Perawatan, Hercules AU Siap Operasi

Satu setengah tahun lamanya pesawat Hercules C-130 B milik TNI AU harus "dirawat" di Amerika Serikat. Pesawat angkut andalan itu mondok di ARINC Aerospace Oklahoma untuk menjalani perbaikan di semua sisinya. Pesawat bersandi udara (call sign) A-1323 itu kini telah keluar bengkel dan kembali ke Indonesia. "Hitung-hitungannya ini perawatan tingkat berat. Pesawat sudah siap operasi lagi per hari ini (kemarin)," ujar Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus, Sabtu (25/2).

Saat ini Hercules A-1323 berada di home basenya, Skuadron 31 Lanud Halim Perdanakusumah. Hercules terbang mendekat pesawat yang kehabisan avtur itu dalam jarak aman, lalu melalui pipa khusus bahan bakar ditambahkan. "Pesawat ini bisa air to air refueling. Harus dilakukan dalam perhitungan yang presisi dan cuaca yang bagus," katanya. Yang dimaksud adalah pengisian bahan bakar ke pesawat lain yang sedang terbang di udara.

Perawatan pesawat ini gratis sebagai bagian dari kerjasama Program Depot Maintenance (PDM) sebagai kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat. Pesawat C-130 B A-1323 kembali ke Indonesia dengan menempuh waktu penerbangan selama 35.40 jam melalui rute Will Roger (Air Force Base) AFB Oklahoma, Travis AFB California, Hikam AFB Honolulu, Bachkolz Army Base, Lanud Biak, Lanud Iswahjudi dan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma Jumat (24/02) lalu.

Pesawat A-1323 diawaki oleh Komandan Skadron 31 Letkol Pnb. Eko Sujatmiko bersama tujuh belas awak pesawat dari Skadron Udara 31 serta didampingi oleh empat orang tenaga mekanik dari ARINC Aerospace. "Pesawat ini sudah memperkuat TNI AU sejak Maret 1984, sekarang siap terbang lagi dengan kekuatan baru," tutupnya.

www.jpnn.com


Tidak ada komentar: