Cari di Blog Ini

Rabu, 22 Februari 2012

Pesawat Hercules TNI AU bantu pembangunan rumah ibadah di Papua

Pesawat Hercules TNI AU bantu pembangunan rumah ibadah di Papua.
Hercules TNI Bantu Pembangunan Masjid dan Gereja di Papua

Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak hanya bertugas untuk bertempur melawan musuh yang mengancam kedaulatan negara dalam Operasi Militer untuk Perang (OMP), namun TNI juga memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Seperti yang dilakukan TNI dengan pesawat Hercules milik TNI AU membantu Yayasan Ikatan Peduli Kasih Papua (IPKP), untuk mengangkut bahan bangunan dalam rangka penyelesaian pembangunan Gereja dan Masjid di Wamena, Papua, beberapa waktu lalu.

Pemberian bantuan ini didasarkan pada Surat yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan IPKP dan Ketua MUI Kabupaten Jaya Wijaya Wamena, atas nama Badan Pengurus Gereja-Gereja dan Masjid se tanah Papua.

Pengangkutan bahan bangunan tersebut telah dilakukan oleh pesawat Hercules dari Koopsau II sebanyak tiga kali penerbangan dan dari Koopsau I sebanyak dua kali penerbangan. Adapun bahan bangunan yang akan diangkut yaitu berupa semen 1.000 ton, seng 200 ton, tripleks 350 ton, besi beton 250 ton dan tegel 100 ton.

Setiap penerbangan pesawat hanya bisa mengangkut 12,5 ton, hal ini dikarenakan pesawat dari Biak ke Wamena juga digunakan untuk melayani Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat lainnya, serta kepentingan operasional TNI sendiri sehingga belum semua barang bisa diangkut.

Selain itu, barang milik Yayasan IPKP yang akan diangkut dari Biak ke Wamena jumlahnya sangat banyak, sementara kesiapan dan ketersediaan pesawat Hercules TNI AU sangat terbatas sehingga pelayanan kepada publik khususnya Yayasan IPKP menjadi terbatas. Namun TNI akan berupaya untuk memberikan bantuan pengangkutan barang milik Yayasan IPKP tersebut semaksimal mungkin.

Pemberian bantuan pengangkutan material dengan pesawat Hercules tersebut tentunya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam menunjang kelancaran pembangunan di Papua. Pembangunan Gereja dan Masjid se-tanah Papua menunjukkan bahwa kerukunan hidup antar umat beragama umumnya di Papua sangat kondusif. Ketua Yayasan IPKP juga telah mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI atas bantuan pesawat Hercules TNI untuk pengangkutan bahan bangunan tersebut.

www.pikiran-rakyat.com


Tidak ada komentar: