Selasa, 07 Februari 2012



: Posted on Selasa, 07 Februari 2012 - 12.12

Cobra Gold 2012
Cobra Gold 2012. Prajurit TNI ikuti Latgabma Cobra Gold 2012 di Thailand. Sejumlah 75 orang prajurit TNI mengikuti Latihan Gabungan Bersama Cobra Gold 2012 yang dilangsungkan di Thailand. Latgabma Cobra Gold 2012 diikuti oleh 7 negara, yaitu Thailand, Indonesia, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia.
75 Personel TNI Ikuti Cobra Gold 2012 di Thailand

Sebanyak 75 personel TNI mengikuti Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Cobra Gold 2012 di Thailand. Latgabma ini diikuti tujuh negara yaitu Thailand, Indonesia, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia, yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Geladi Posko dan Geladi Lapang.

Tujuan latihan ini, Pertama, melaksanakan kegiatan perencanaan pasukan koalisi berdasarkan skenario yang diperanggapkan dan menghasilkan cara bertindak (Course of Action) yang disetujui untuk diputuskan dalam Geladi Posko (Command Post Exercise/CPX Cobra Gold 2012). Kedua, meningkatkan kerja sama militer berbagai negara dalam rangka operasi militer selain perang khususnya operasi perdamaian dunia dan bantuan kemanusiaan. Hal terpenting yang menjadi kriteria keberhasilan pada akhir latihan bukan terletak pada produk perencanaan operasi yang akan digelar dalam suatu negara yang secara resmi meminta bantuan dunia internasional, namun yang terpenting dalam kegiatan ini adalah upaya peningkatan hubungan persahabatan antar negara yang terlibat dalam latihan.

Secara umum materi yang dikembangkan dalam latihan adalah penerapan mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf (MDMP-M/Military Decision Making Process – Multinational) khususnya dalam perencanaan staf pada operasi perdamaian dunia yang melibatkan pasukan koalisi melalui implementasi Resolusi Dewan Keamanan PBB Chapter VII dan proses transisi ke implementasi Chapter VI.

Delegasi Indonesia yang tergabung dalam Cobra Gold 2012 dipimpin oleh Wakapuskes TNI Brigjen TNI dr. Daradjatun Moejiono, Sp.OT dan akan terlibat latihan hingga pertengahan Februari 2012.

www.riauterkini.com


Bagikan :

thumbnail Prajurit TNI ikuti Latgabma Cobra Gold 2012 di Thailand Prokimal Kotabumi 2012-02-07T12:12:00+07:00 4.9 100 Reviews



Copyright © 2013. PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
PROKIMAL ONLINE Kotabumi Lampung Utara